5 Manfaat ERP bagi Bisnis

Sistem ERP meminimalisir adanya gap informasi atau lead time yang berlarut-larut antar divisi perusahaan. Bahkan, dari rekaman data tersebut laporan dapat otomatis tersusun pula.

 

Icon by Popcorns Arts – www.flaticon.com

 

Kerja Enterprise Resource Planning (ERP) itu simpel, yakni menyatukan informasi dalam suatu perusahaan/pabrik yang tadinya terpisah-pisah.Pada dasarnya, selama aktivitas bisnis berlangsung perlu ada sistem yang merekam rincian kejadian.

Terlepas dari industrinya, setidaknya ada 5 manfaat penerapan ERP ke dalam suatu lingkungan bisnis, yakni:

Hemat waktu dan sumber daya. Aktivitas bisnis selanjutnya dapat otomatis dijadwalkan. Rutinitas bisnis menjadi terarah dan tidak selalu harus diurus manual. Sementara itu, waktu dan sumber daya yang tersisa dapat digunakan untuk masalah non-administratif.

  • Hemat waktu dan sumber daya. Aktivitas bisnis selanjutnya dapat otomatis dijadwalkan. Rutinitas bisnis menjadi terarah dan tidak selalu harus diurus manual. Sementara itu, waktu dan sumber daya yang tersisa dapat digunakan untuk masalah non-administratif.
  • Akses data terbuka. Semua informasi aktivitas bisnis diperbaharui secara real-time, sehingga data diinput dan dilihat oleh antar divisi. Tidak lagi ada kendala susah mendapatkan akses karena alur birokrasi yang rumit. Sistem ini baik untuk transparansi perusahaan.
  • Minimalisir kesalahan. Masalah mudah ditelusuri akarnya. Karena aktivitas bisnis tercatat rinci dan real-time, kesalahan teknis maupun human-error dapat dihindari.  Teknis produksi terhambat, kehilangan barang di gudang atau kesilapan input dapat ditekan oleh sistem ERP.
  • Memudahkan pengambilan keputusan. Proses pengambilan keputusan dalam perusahaan bisa saja memakan waktu. ERP mengatasi gap informasi antar cabang atau divisi. Di kasus tertentu, bahkan front-liners dapat dipercaya membuat keputusan berdasarkan data analitik ERP, tanpa menunggu arahan supervisor-nya.
  • Sistem yang fleksibel dengan lingkungan kerja.  Demi kelengkapan informasi, jangan sampai kinerja perusahaan justru terhambat. Sistem ERP biasanya dapat disesuaikan dengan budaya kerja perusahaan tersebut. Fleksibelitas ini pun menjadi alasan ERP dapat dimanfaatkan oleh bisnis besar maupun kecil.

 


ERP seperti apa kah yang Anda butuhkan? Temukan spesifikasi Anda di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *