Apa itu ERP?

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah perencanaan operasional bisnis suatu instansi. Kini, perencanaan ini umumnya berbasis komputer untuk mempermudah integrasi antar komponen instansi.

Design by Popcorns Arts – flaticon.com

Bukan, ini bukan Electronic Road Pricing yang sedang ramai diterapkan di ibu kota. ERP yang kita bicarakan ini adalah Enterprise Resource Planning yang erat hubungannya dengan kegiatan menjalankan bisnis.

Sistem ERP adalah sistem komputer yang mengintegrasikan alur bisnis, umumnya diterapkan di suatu perusahaan. Selain menjadi media pencatatan aset, sistem ini juga merupakan sarana komunikasi informasi antar departemen perusahaan.

ERP mewadahi semua aktivitas seperti produksi, inventori, penjualan, keuangan, human resource (HR) dan sebagainya. Ini berarti ERP menampung keseluruhan integrasi manajemen, mulai dari masalah lapangan hingga kantor. Bahkan, banyak provider ERP yang melayani kostumisasi sistem sesuai kebutuhan perusahaan klien itu sendiri.

Bagaimana kegunaannya? Pengaruh langsung dari penerapan ERP adalah berkurangnya gap informasi dalam alur aktivitas suatu perusahaan. Contoh kasus di manufaktur, tim pabrik di lapangan menginput data bahwa produksi hari ini sudah selesai. Dalam jangka waktu 1 hingga 3 detik, setidaknya data dapat langsung dilihat oleh divisi gudang sebagai tanda bahwa stok produk akan segera bertambah.

Dengan begitu, banyak risiko yang dapat ditekan dengan ERP, khususnya yang diakibatkan oleh masalah teknis dan human-error. Selain itu, ERP memudahkan proses administratif seperti pembukuan dan dokumentasi. Sementara pencatatan yang aktual dan komperhensif merupakan kunci bagi suatu perusahaan untuk menentukan masa depannya. ERP memfasilitasi aspek tersebut.

 


Mengapa kita perlu ERP kostum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *