Apa yang Didapat Startup dari Inkubator Bisnis?

Di inkubator bisnis, startup yang bergabung mendapatkan sharing dan monitoring bisnis. Di tiap akhir batch suatu inkubator bisnis startup  yang tergabung di dalamnya akan memaparkan business model dan business performance. Setelah itu startup biasa dinyatakan “lulus”.

Banyak pertanyaan yang muncul, seperti “apa yang terjadi dalam inkubator bisnis?” atau “apa yang terjadi setelah inkubator bisnis?”

 

 

Demikian beberapa poin penting yang didapat dari inkubator:

 

  • Business model semakin matang

 

Melalui proses mentoring dan sharing dengan praktisi di inkubator, startup mendapatkan insight yang lebih luas. Sehingga, business model jadi lebih bervariasi karena tidak hanya dari otak segelintir orang atau founder saja, melainkan dari sudut pandang yang beragam.

 

  • Menemukan market-positioning

 

Mengingat sebuah inkubator dapat mengembangkan beberapa startup sekaligus, di sini startup dapat saling berkomunikasi dan memposisikan dirinya di tengah market startup Indonesia. Bahkan, kerja sama antar startup juga mungkin terjadi di sini.

 

  • Menemukan karakter startup

 

Karena harus mencirikan diri di antara kawan inkubator lainnya, startup menjadi terbiasa menelisik dan membentuk karakter demi membedakan dirinya dengan startup lainnya. Setelah banyak sharing dan positioning dengan startup lainnya, di sinilah karakter bisnis dan business performance diuji.

 

  • Mutualisme inovator dan investor

 

Di inkubator, startup memaparkan rencana bisnis-nya ke depan, sementara calon investor dapat berperan memberikan masukan kepada startup dari sudut pandang daya tarik investasi. Di inkubator, investor juga dapat mencari startup yang masih dalam progress sehingga dapat melakukan bibit investasi perdana.

Bergabung dengan inkubator mungkin menjadi impian sebuah startup. Kesempatan pengembangan, mentoring, peluang investasi hingga publikasi yang ditawarkan inkubator bisnis tentunya semakin memantapkan jalan startup tersebut. Lembaga survei CHGR (Berita Satu, 07/10/16), tahun 2016 saja startup Indonesia sudah mencapai jumlah 2000. Angka ini diramalkan akan naik hingga 13,000 di tahun 2020. Tentunya hubungan startup dan inkubasi akan semakin banyak diperlukan dan diminati di Indonesia.

 

Sumber:

Mashable. 30/04.16. 9 things that’ll help your startup grow after the incubator stage.http://mashable.com/2016/04/30/incubator-startup-best-practices/#DzSOgbNP4gqd

Berita Satu. 07/10/16. 2020, jumlah startup di Indonesia capai 13,000. http://www.beritasatu.com/digital-life/391066-2020-jumlah-startup-di-indonesia-capai-13000.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *