Aam Surganda: Programming itu Kerjaan Rame-Rame

Keterbukaan

Siapa sangka dibalik stereotip tertutup-nya, programming adalah pekerjaan yang mengandalkan keterbukaan?

Tantangan keterbukaan dihadapi Aam Surganda, Senior Developer dan tim-nya dalam proyek kustom. Terkadang, karya aplikasi yang mereka hasilkan akan dilepas dan diteruskan kepada tim IT lain.

Tiap proyek bergantung pada kesepakatan kerja sama dengan kustomer. Maka, aplikasi harus dibuat adjustable, mulai dari segi skala, integrasi dan keamanan. Dengan kata lain: karya yang mereka buat, harus bisa terbuka untuk orang lain.

 

Fleksibelitas

Aam juga menegaskan untuk selalu “open-minded, belajar hal baru”. Memang sulit membayangkan seorang developer yang hanya percaya pada satu bahasa atau metode.

Se-jago apapun seorang developer tersebut hari ini, tahun depan? Tidak ada yang tahu. Teknologi baru akan terus muncul. Lihat saja survei tahunan Stack Overflow yang diikuti ribuan developer dari tahun 2015 hingga 2017. Survei tersebut menunjukkan jenis teknologi apa saja yang paling populer di kalangan developer.

Tahun 2015, bahasa C dipakai oleh 16,4% developer, sementara framework Node.js hanya dipakai oleh 13,3%. Setahun kemudian, tahun 2016, C hanya dipakai oleh 15,5% developer, sementara Node.js membalap dengan angka 17,2%. Tahun 2017 ini, Node.js bahkan sama sekali tidak termasuk yang populer digunakan.

 

Keseimbangan

Dari situasi yang digambarkan Aam, saya mendapati bahwa programming mengandalkan  kesadaran individual dan kesadaran tim, dua hal yang seringnya sulit diimbangi.

Dari sisi individual, Aam menekankan bahwa developer “harus bisa mandiri”. Banyak developer pemula yang sulit berkembang karena tidak berinisiatif mencari jawaban. Apalagi, kini kebiasaan berbagi informasi di internet sudah menciptakan kultur baru: “Google dulu, baru tanya”.

Dalam tim, developer juga dituntut bisa rembukan. Proyek diawali dengan menganalisis latar belakang, memetakan solusi dan menyesuaikan budaya bisnis klien. Semua dilakukan satu tim. Teknologi dan infrastruktur untuk mengerjakan proyek tersebut juga diputuskan bersama.

Ini merupakan kerja estafet, bergantung kepada keterbukaan dan tekad pelakunya. Keseimbangan antara dua sisi ini mempengaruhi produktivitas sebuah tim developer.

 

Untuk Developer Muda

Dari pengalamannya memimpin developer muda, ada 3 hal yang menurut Aam perlu diperhatikan:

Inisiatif

Programming merupakan bidang yang dinamis. Jadi, jarang ada proses coding yang betul-betul mandek. Ini semua bergantung pada usaha yang muncul dari rasa ingin tahu si developer. Menurut Aam, developer “harus bisa mandiri”. Semakin terbuka kreativitas, semakin banyak jalan.

Logika

Tiap orang memiliki “bentuk logika” yang berbeda-beda, tetapi menurut Aam, mendapatkan logika yang “simpel dan efisien” adalah titik berat programming. Karena itu, developer juga tidak boleh blind-coding, sebab akan mematikan potensi berkembangnya logika si developer.

Tantangan

Kapasitas programming tiap developer menentukan porsi tugasnya, namun Aam yakin bahwa developer muda perlu terbuka kepada tantangan. “Gue sering kasih tantangan. Tugas yang berat pun bisa saja dikasih ke developer yang skill-nya masih pemula. Ini karena semua tim harus dapat berkembang bersama-sama.”, jelas Aam.


 Tentang Aam Surganda: Senior Developer

Di usia 25 tahun, Aam Surganda sudah menjadi Senior Developer dan memimpin belasan developer lainnya.

Sejak lulus dari Teknik Informatika Universitas Gunadarma, Aam sudah pernah menangani sistem informasi akademik, jaminan kesehatan pemerintah, hingga website untuk company profile.

Sejak bergabung dengan Qasico, Aam menangani berbagai permintaan aplikasi kustom yang menuntutnya belajar berbagai proses bisnis. Demi menangani ERP yang kompleks Aam bahkan pernah harus mendalami akuntansi. Selain itu, Aam juga menangani aplikasi on-demand mulai dari cleaning service hingga logistik. Kini Aam sedang menambah satu lagi pengalaman baru, yakni aplikasi perikanan.

 

 

 

 

 


Ref:

https://id.techinasia.com/talk/6-miskonsepsi-programmer

https://dev.to/dnimmo/thinking-of-the-next-developer

https://insights.stackoverflow.com/survey/2017#technology

https://insights.stackoverflow.com/survey/2016#technology

https://insights.stackoverflow.com/survey/2015#tech

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *